Industri Komputer Alami Penurunan Tajam

Pasar komputer global turun mengalami penurunan di kuartal kedua 2017. Hal ini menandai penurunan pemasaran yang ke-11 berturut-turut. Era ini juga menandai penurunan terpanjang yang dialami industri komputer.

Kuartal ini pemasaran komputer turun 4,3 persen dibandingkan tahun lalu, dengan jumlah 61,9 juta komputer. Data ini dirilis oleh firma peneliti Gartner. Volume pemasaran ini menjadi yang terendah sejak 2007.

Gartner menyalahkan penurunan ini pada kurangnya pasokan komponen seperti DRAM, SSD (solid state drive) dan layar LCD. “Pendekatan terhadap biaya komponen yang mahal bervariasi tergantung vendornya. Beberapa memutuskan menyerap kenaikan harga komponen tanpa meningkatkan harga jual perangkat mereka, sementara yang vendor lain memindahkan biaya itu ke harga jual produk,” ungkap Mikako Kitagawa, kepala analis Gartner dalam sebuah pernyataan.

IDC melaporkan kondisi serupa, dengan pemasaran global komputer mencapai 60,5 juta unit, dengan penurunan 3,3 persen year-over-year.  Walaupun mengalami penurunan, HP berhasil mencapai pertumbuhan 6,2 persen year-over-year dalam kuartal ini. Peroleh pangsa pasar mereka mencapai hampir 23 persen, menurut IDC. HP mengungguli Lenovo, yang mengalami penurunan pemasaran 5,7 persen, sehingga pangsa pasar mereka sekitar 20 persen. Dell berada di posisi ketiga, tumbuh 3,7 persen dengan pangsa pasar 17 persen.

 

 

Sumber: CNET

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Industri Komputer Alami Penurunan Tajam
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna