Jenis-Jenis Metal Finishing (Bagian 1)

Setelah belajar manfaat metal finishing dan cara memilih teknik yang tepat untuk produk logam kita, sekarang kita akan belajar teknik-teknik metal finishing. Ada delapan jenis teknik metal finishing. Untuk bagian pertama ini kita akan belajar empat teknik terlebih dahulu.

Metal plating, mesin metal plating menggunakan pencelupan zat kimia untuk melapisi atau mengubah permukaan dari sebuah substrat dengan lapisan logam tipis seperti nikel atau PTFE.  Metode electroplating menghasilkan aliran listrik untuk melapisi substrat itu, sementara electroless plating menggunakan proses autocatalytic di mana substrate mengkatalisasi reaksi.

Metal plating memiliki beberapa keuntungan sebagai proses finishing. Metode ini bisa memperbaiki daya tahan produk, resistansi terhadap korosi, gesekan pada permukaan dan penampilan eksterior. Metode ini juga merupakan sebuah pilihan yang berguna untuk melapisi logam-logam lain. Dalam produksi berjumlah besar, mesin barrel-finishing adalah solusi plating yang cepat dan efisien. Akan tetapi, mesin plating tidaklah cocok untuk memperhalus permukaan yang cacat.

Brushed Metal, tidak seperti plating, brushed metal finishing adalah metode yang efektif untuk menghilangkan cacat pada permukaan. Mesin finishing ini menciptakan tekstur permukaan yang seragam dan paralel untuk memperhalus eksterior sebuah produk. Sebuah sabuk ampas atau sikat kabel digunakan untuk memperoleh efek ini. Sebagai tambahan, gerakan sabuk atau sikat yang searah atau seragam menciptakan pola seragam pada permukaan.

Buff Polishing, jika proyek Anda memerlukan hasil akhir yang halus tanpa pola, maka mesin buff polishing adalah solusinya. Mesin itu menggunakan roda kain untuk mengkilapkan permukaan produk logam, hasilnya adalah permukaan yang berkilau. Proses ini seringkali digunakan untuk produk-produk logam dekoratif yang menonjolkan kehalusan dan keindahan.

Mesin buff polishing cenderung untuk membuat bagian-bagian ujung produk membulat, dan karena keterbatasan jangkauan roda kain, proses ini kurang efektif untuk produk yang rumit, dan rapuh.

Metal Grinding, mesin grinding menggunakan gesekan,erosi dan atau kompresi untuk menghaluskan permukaan produk logam. Ada beberapa mesin grinding yang didesain untuk memberikan berbagai tingkat kehalusan yang terbatas. Contohnya, mesin ball-grinding mill adalah mesin yang cocok untuk produk semen, tapi tidak cocok digunakan untuk proyek penghalusan produk yang lebih rumit.

Kebanyakan mesin metal grinding dipakai dengan memasukkan produk logam ke dalam sebuah drum berotasi. Rod mill digunakan untuk membuat tongkat logam, sementara semi-autogenous grinding (SAG) mill dan autogenous grinding mill digunakan untuk memperhalus produk emas, tembaga, platinum dan perak.

 

 

 

Sumber: Thomasnet.com

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Jenis-Jenis Metal Finishing (Bagian 1)
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna