Perkebunan Anggur Gunakan Teknologi Komputer Super

Di Napa Valley, California, Amerika Serikat (AS) beberapa pembuat minuman anggur mulai beralih ke teknologi untuk menolong mengembangkan proses pembuatan anggur. Palmaz Vineyards memiliki komputer super mereka sendiri untuk membantu kondisi di dalam tank fermentasi. Keluarga Palmaz membeli kebun anggur itu pada 1997 dan membangun fasilitas bawah tanah ke dalam Gunung George di Napa. Kompleks fasilitas itu terdiri dari terowongan-terowongan dan tank. Diperlukan waktu tujuh tahun untuk membangun kompleks itu. Fasilitas Palmaz memiliki 18 lantai di bawah tanah dan luas 100 ribu square feet. Dalam fasilitas itu bahkan terdapat tank fermentasi berputar dengan sebuah dome di atasnya.

Komputer super yang dimiliki keluarga Palmaz disebut Fermentation Intelligent Logic Control (FILCS, diucapkan Felix). FILCS mengawasi segala yang terjadi di dalam tank fermentasi kebun anggur itu. Data dari 24 tank fermentasi itu diproyeksikan ke dome sehingga para pembuat minuman anggur bisa melihatnya.

Palmaz juga menggunakan sebuah sistem yang disebut Vineyard Infrared Growth Optical Recognition atau VIGOR. Sistem ini memberitahu para pemilik kebun kapan berbagai tanaman anggur yang mereka tanam akan tumbuh. Dua kali seminggu, sebuah pesawat dari sekolah penerbangan lokal akan terbang mengelilingi perkebunan. Mereka mengambil foto-foto multispectral dari kebun itu.

Dengan sistem itu, para pembuat minuman anggur bisa melacak pertumbuhan buah anggur di berbagai bagian dari perkebunan mereka. Mereka tahu pasti letak buah anggur mereka dan VIGOR juga menolong melacak berapa banyak air dan sinar matahari yang diperoleh buah anggur.

 

 

Sumber: CNET.

 

 

 

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Perkebunan Anggur Gunakan Teknologi Komputer Super
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna