Perkembangan Pesat Cetak Logam 3D

Cetak logam dengan printer 3D merupakan proses produksi yang semakin digemari pabrik, khususnya yang bergerak di bidang kedirgantaraan dan otomotif. Mereka berusaha menghemat waktu dan uang dengan memakai teknologi itu. Merespon tren ini, firma peneliti IDTechEx memprediksikan nilai pasar materi logam 3D printing mencapai $12 miliar pada 2028.

Menurut laporan firma itu, direct metal laser sintering (DMLS) merupakan teknologi printer yang dominan, dengan pangsa pasar 84 persen. Akan tetap metode  liquid metal deposition, metal + polymer filament extrusion, dan electroplating bisa memiliki pangsa pasar yang signifikan dalam jangka panjang.

Pemain kunci lainnya adalah Desktop Metal. Printer yang lebih kecil, lebih murah ini menerima backup finansial yang cukup besar dan bisa menjadi pilihan entry-level untuk mereka yang ingin menggunakan 3D metal printing untuk memproduksi prototipe atau barang edisi terbatas atau dalam skala yang lebih kecil.

Laporan itu memperkirakan jika tingkat pertumbuhan tahunan pabrik yang memakai printer logam sekitar 23 persen selama 10 tahun ke depan. Akan tetapi, pertumbuhan material akan terjadi secara signifikan karena:

-Para kostumer mencari printer yang lebih efektif dalam hal biaya

-Suplai materi yang lebih banyak karena lebih banyak pabrik menginstal printer 3D

-Kebergantungan yang kuat terhadap beberapa bentuk serbuk logam

 

Sumber: Thomasnet.com

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Perkembangan Pesat Cetak Logam 3D
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna