Mesin Printer 3D Dipakai Untuk Cetak Rumah Mini

Arsitektur yang dicetak dengan printer 3D memang masih relatif baru. Tapi perkembangan teknologi ini memampukan kita mencetak rumah dasar. Perusahaan cetak 3D Apis Cor bekerja sama dengan pengembang perumahan PIK baru-baru ini memamerkan printer 3D portable mereka yang digunakan untuk membangun rumah dengan luas 38 meter persegi.

Rumah itu dibangun di Rusia mulai Desember 2016 dan baru selesai bulan ini. Bentuk rumah yang bundar dipilih untuk menekankan fleksibilitasnya. Walaupun isi rumah sederhana, tapi rumah itu merupakan rumah kecil yang berguna untuk satu atau dua orang.

Proses cetak sebenarnya memerlukan waktu 24 jam dan sangat mirip dengan proyek arsitektur 3D lainnya. Mesin printer itu mirip dengan crane kecil, mengeluarkan semen dari pipa lapis demi lapis untuk menciptakan sebuah struktur.

Rumah itu tidak sepenuhnya dibangun dengan mesin 3D. Atapnya, jendelanya, penyekat dan komponen lainnya ditambahkan oleh manusia. Biaya total proyek itu sekitar $10.134 (Rp 136,9 juta) belum termasuk furnitur atau peralatan rumah tangga.

 


Sumber: newatlas.com

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Mesin Printer 3D Dipakai Untuk Cetak Rumah Mini
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna