Apa itu Original Equipment Manufacturer (OEM)

OEM adalah kependekan dari original equipment manufacturer. Istilah ini sering disalahartikan untuk menggambarkan perusahaan yang memiliki hubungan spesial dengan produsen komputer dan perangkat IT (information technology). Padahal OEM adalah pabrik yang menjual kembali produk perusahaan lain dengan nama dan brand mereka sendiri.

OEM mirip dengan VAR (value-added reseller). Istilah itu dikenakan saat perusahaan membranding sebuah produk dari perusahaan lain dengan brand mereka sendiri. Selain itu, mereka menawarkan garansi, dukungan dan lisensi mereka sendiri untuk produk tersebut.

Saat sebuah produsen teknologi komputer memproduksi produk mereka, contohnya kartu grafis komputer, mereka merilis produk itu dalam dua versi. Versi pertama didistribusikan langsung kepada pengguna dengan brand, dukungan dan garansi dari produsen itu.

Versi kedua, didistribusikan kepada OEM dan reseller lainnya. OEM akan membranding ulang produk itu. Kualitas kartu grafis itu sama, tapi biasanya memiliki garansi berbeda. Kartu itu juga mungkin tidak disertai dengan software bawaan, kabel dan konektor. Dalam beberapa kasus, OEM akan membeli kartu grafis itu dalam jumlah besar untuk membuat produk komputer mereka sendiri.

 



Sumber: webopedia.

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Apa itu Original Equipment Manufacturer (OEM)
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna