Apa Persyaratan Untuk mengikuti Diklat di Solo Technopark?

Dilihat: 3175
 
Solo Technopark mengadakan program pendidikan dan pelatihan bagi siswa, guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan karyawan industri. Program ini terbuka buat peserta yang tertarik mengasah kemampuannya di bidang permesinan.
 
Pelatihan ini diadakan selama kurang lebih 9 bulan. Adapun rinciannya, 3 bulan pertama (tingkat basic) siswa akan diperkenalkan permesinan dasar. Pada tahap ini, peserta pelatihan diberikan materi pelatihan seperti Benchwork, Tool Grinding, Milling-Basic Skill, Turning-Basic Skill, Welding-Basic Skill. 
 
Kemudian tiga bulan berikutnya (tingkat applied), siswa akan masuk ke penjurusan. Program diklat mekanik ini memiliki berbagai jurusan di antaranya, Otomasi, Las Darat, Mekanik Manufaktur, Desain Mekanik dan Mekanik Garmen.
 
Pada tiga bulan terakhir, siswa baru bisa mengikuti program magang di sejumlah perusahaan mitra Solo Technopark. Peserta yang dinyatakan lulus dalam program pelatihan akan memperoleh sertifikat berstandar industri ATMI Surakarta. Tak hanya itu, Solo Technopark juga memfasilitasi penyaluran kerja ke sejumlah perusahaan manufaktur, baik di kawasan Soloraya maupun luar daerah bagi lulusan diklat mekanik manufaktur.
 
Dalam Diklat Mekanik Manufaktur, siswa dididik oleh instruktur berpengalaman dari ATMI Surakarta. Siswa dibentuk etos kerjanya yang mencakup kedisiplinan, ketekunan, kejujuran serta penguasaan teknik lewat serangkaian kegiatan keterampilan. Sehingga, peserta lulusan program ini benar-benar siap memasuki dunia kerja. 
 
Biaya Pendidikan
 
Biaya yang harus dibayarkan untuk mengikuti program pelatihan diklat mekanik selama 9 bulan yakni Rp 7.850.000. Biaya tersebut dapat diangsur sebanyak dua kali. Angsuran pertama sebanyak Rp 4.850.000 dibayarkan setelah dinyatakan lolos seleksi. Kemudian sisanya dibayarkan pada 3 bulan pertama setelah mengikuti pelatihan.
Program pelatihan ini juga menyediakan beasiswa penuh setiap setahun sekali. Namun, kuota penerima beasiswa tersebut dibatasi. 
 
Syarat Pendaftaran
 
Berikut persyaratan yang harus dipenuhi peserta pelatihan:
 
1. Usia saat masuk diklat maksimal 24 tahun
2. Fotocopy ijazah SMK/SMA dilegalisir 1 lembar (bagi alumni)
3. Fotocopy nilai raport semester terakhir dilegalisir (bagi kelas XII)
4. Pas foto ukuran 3x4 1 lembar dan ukuran 4 x 6 1 lembar 
5. Fotocopy KTP 2 lembar
6. Fotocopy KTP orangtua masing-masing 2 lembar
7. Fotocopy Kartu Keluarga 2 lembar
8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli
9. Sehat jasmani dan rohani
10. Tinggi minimal 155 cm dan berat minimal 45 kg
11. Tidak buta warna
12. Bukan penderita ayan/epilepsy
 

Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Studi Banding ke Solo Technopark

Dilihat: 2528
 
Solo Technopark (STP) mendapatkan kunjungan dari Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) pada Kamis (30/11). Sebanyak 105 mahasiswa Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur memadati gedung pelatihan dan pendidikan (Diklat) Mesin Manufaktur STP. 
 
Didampingi oleh 4 dosen pembimbing, seluruh mahasiswa semester 5 tersebut melakukan Studi Ekskursi atau yang biasa kita kenal dengan Studi Banding. Kegiatan ini merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa agar dapat  melihat secara langsung dunia realita keilmuan yang mereka pelajari.  
 
Kedatangan rombongan ini disambut oleh Kepala Divisi Diklat STP, Sutrisno. Acara tersebut dimulai pada pukul 08.00 hingga 13.00. Mahasiswa didampingi oleh staff STP ketika melihat kegiatan peserta diklat mesin manufaktur dan berkeliling ke area Solo Technopark. Mereka nampak aktif bertanya baik kepada para instruktur, kepala divisi diklat STP, maupun siswa. 
 
Seperti yang diketahui, Solo Technopark telah pusat vokasi dan inovasi teknologi, pusat riset teknologi terapan di Kota Surakarta. STP membuka berbagai pelatihan dan pendidikan, di antaranya mesin manufaktur, underwater wet welding dan inkubator bisnis. Selama didirikan, STP telah meluluskan ratusan tenaga ahli mesin manufaktur bersertifikasi. 

 

Wali Kota Solo Sarankan Lulusan SMK yang Nganggur Ikuti Diklat Solo Technopark

Dilihat: 2292
 
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan Solo Technopark merupakan sarana bagi lulusan-lulusan SMK untuk mempersiapkan diri bekerja di dunia industri. Untuk itu, Rudy sapaan akrabnya, menyarankan anak SMK yang belum mendapatkan pekerjaan, bisa mengikuti pelatihan di STP. 
 
"Dengan adanya Solo Technopark ini, kita coba untuk menyemangati anak-anak SMK yang belum bisa dapat pekerjaan bisa ditraining di Solo Technopark," katanya saat menghadiri wisuda perdana mahasiswa AK-Tekstil Solo, Senin (20/11).
 
Rudy menambahkan, Solo Technopark merupakan salah satu gebrakannya dalam mendorong perekonomian masyarakat, termasuk mengentas pengangguran. Kata dia, presiden Joko Widodo (Jokowi), sebelumnya pernah menyebutkan bahwa pengangguran di Indonesia sekitar 35 persen merupakan lulusan SMK. 
 
Walikota Solo pun langsung memprotes hal tersebut. Sebab menurutnya, banyak lulusan SMK yang menganggur lantaran minimnya perhatian Pemerintah. "Jadi saya protes begini, pak (Jokowi) SMK nganggur itu karena hasil kerjanya nggak ada yang presisi, karena alatnya tahun 1937 masih dipakai, jadi kalau suruh bubut itu ujungnya bagus belakangnya gede," ujarnya.
 
Menyadari permasalahan tersebut, Solo Technopark pun menawarkan berbagai progam pelatihan yang bisa diikuti lulusan SMK. Di antaranya Diklat Otomasi, Diklat Mekanik Garment, Diklat Las Darat, dan Diklat Desain Mekanik. Setelah mengikuti pelatihan, Solo Technopark akan langsung menempatkan anak didiknya di beberapa perusahaan manufaktur. 

Kecanggihan Mesin Milling ORLAS CREATOR Hybrid

Dilihat: 2573

ORLAS CREATOR Hybrid membawa manfaat produksi aditif dan substraktif ke dalam sebuah platform tunggal untuk menawarkan solusi produksi yang komprehensif. Keunggulan cetak 3D komponen logam yang kompleks menggunakan proses pelelehan serbuk AM (addictive manufacturing) dikombinasikan dengan proses milling canggih OR LASER untuk finishing yang akurat.

Kemampuan mesin ORLAS CREATOR hybrid ini melebihi kemampuan mesin milling biasa yang tidak bisa meraih struktur dan permukaan yang tidak bisa diraih (termasuk contour, undercut atau saluran pendingin yang tersembunyi). Semuanya bisa dipotong dengan efektif. Sementara itu mesin hybrid ini menawarkan kemampuan cetak 3D yang dimiliki mesin klasik CREATOR, termasuk kekuatan laser penuh 250W pada 40?m; kecepatan proses laser 3500 mm/s; dan build platform 110mm dengan axis Z maksimal 100 mm.



Sumber: industrialmachinerydigest.com

Pengumuman tes tahap 1 Basic Aircraft Structure 2016

Dilihat: 4677

Pengumuman daftar peserta yang lolos tes tahap 1 (Bahasa Inggris) Basic Aircraft Structure

        Untuk daftar peserta yang dinyatakan lolos dalam tes tahap 1(Bahasa Inggirs) Basic Aircraft Structure  dapat di download disini.

NB : Bagi yang dinyatakan lolos dalam tes tahap 1 (Bahasa Inggris) dapat mengikuti seleksi selanjutnya yaitu Psikotest yang akan dilaksanakan pada tanggal : 26 Maret 2016,pukul : 08.00 s/d selesai.

 

Anda disini: Home Profil Pendahuluan Syarat dan Ketentuan Website Legal - ID
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna