Program Sertifikasi

Program Sertifikasi Guru, Uji Kompetensi Siswa, Profesional (Industri)Program Sertifikasi merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan guna mengetahui kompetensi tenaga teknik yang sesuai dengan permohonan kualifikasi dan klasifikasi yang diajukannya. Pasar kerja nasional dan internasional menuntut tersedianya tenaga kerja yang kompeten di setiap bidang, banyak industri dan organisasi mempersyaratkan agar tenaga kerjanya memiliki sertifikasi kompetensi yang kredibel.

Di berbagai negara, pemerintahnya ada juga yang menghendaki bahwa tenaga kerja yang ingin bekerja harus memiliki sertifikasi kompetensi yang diterbitkan oleh lembaga otoritas yang diakui sah.

Kompetensi kerja adalah spesifikasi dari sikap pengetahuan dan keterampilan atau keahlian serta penerapannya secara efektif dalam pekerjaan sesuai dengan standard kerja yang dipersyaratkan.

Sertifikasi kompetensi adalah proses pemberian sertifikasi kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu pada standar kompetensi kerja baik yang bersifat nasional maupun internasional. Dengan memiliki sertifikasi kompetensi ahli, maka seseorang akan mendapatkan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi yang dikuasainya.


Bagaimana Uji Kompetensi Dilaksanakan?

Sertifikasi profesi dilaksanakan oleh Solo Technopark secara transparan, dan bersifat terbuka untuk diikuti oleh setiap tenaga kerja tanpa diskriminasi. seluruh industri akan dilayani dengan jaminan kualitas prima.

Solo Technopark melaksanakan Uji Kompetensi untuk mendapatkan bukti-bukti yang valid, berlaku sekarang/terkini/current serta otentik sebagai dasar apakah peserta uji kompetensi sudah kompeten atau belum kompeten.

Dengan Uji Kompetensi oleh Solo Technopark dibuktikan apakah seseorang telah kompeten atau belum kompeten sebagai tenaga ahli.

Prinsip-prinsip Solo Technopark dalam uji kompetensi adalah:

  • Valid
  • Realible
  • Fleksibel
  • Adil
  • Efektif
  • Efisien

Peserta uji kompetensi adalah tenaga kerja yang dikirim/ditunjuk oleh perusahaan atau mendaftar secara individual.

Tenaga ahli yang dinyatakan lulus uji kompetensi adalah tenaga kerja yang memiliki latar belakang pendidikan, pelatihan serta pengalaman kerja yang relevan dengan standar kompetensi dan terbukti berfungsi dengan baik dan bermanfaat.


Manfaat Kepemilikan Serifikasi Kompetensi

  • Bagi Perusahaan
    1. Memudahkan rekrutmen dan seleksi personilMemudahkan penempatan dan penugasan
    2. Memudahkan pengaturan remunerasi dan kompensasi
    3. Memudahkan pengaturan pengembangan karier dan diklat
    4. Meningkatkan produktivitas perusahaan
    5. Meningkatkan keselamatan ditempat kerja
  • Bagi Tenaga Kerja
    1. Meningkatkan mobilitas dan daya-saing
    2. Meningkatkan pengakuan atas kompetensi
    3. Meningkatkan prospek karier
    4. Meningkatkan keselamatan pribadi tenaga kerja
    5. Meningkatkan rasa percaya diri dan kebanggaan
  • Bagi Pemerintah Dan Masyarakat
    1. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi bursa kerja
    2. Meningkatkan daya saing kerja di pasar kerja global
    3. Meningkatkan kualitas dan produktivitas perusahaan
    4. Meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan tenaga kerja
    5. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi diklat
    6. Mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah
    7. Menurunkan tingkat pengangguran


Validitas Sertifikat Kompetensi

  • Sertifikasi Kompetensi adalah bukti pengakuan tertulis oleh atas penguasaan kompetensi sebagai tenaga ahli bidang tertentu. Masa berlaku Sertifikat Kompetensi adalah 3 tahun.

  • Pemegang Sertifikat Ahli wajib mengisi Logbook yang berisi jabatan serta tugas dan tanggung jawab setiap setahun sekali, diserahkan ke Solo Technopark yang akan dipakai sebagai dasar evaluasi apakah pemegang sertifikasi masih berprofesi sebagai tenaga ahli. Jika masa berlaku sertifikasi telah habis maka Logbook tersebut dapat dijadikan acuan perpanjangan sertifikat atau kalau Logbook tidak memenuhi syarat maka dapat dilakukan Re-sertifikasi atau uji kompetensi ulang tidak diperpanjang lagi.

  • Standar format dan isi Sertifikasi Kompetensi Solo Technopark berikut kodifikasi dan kerahasiaan agar tidak mudah dipalsukan sesuai ketentuan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

  • Pemegang Sertifikasi Solo Technopark wajib menjaga sertifikatnya dan apabila terjadi kerusakan/kehilangan melaporkan kepada Solo Technopark untuk meminta duplikat.

  • Pemegang Sertifikasi Kompetensi Solo Technopark wajib mengembangkan dan memelihara kompetensinya dimanapun tempatnya bekerja.

  • Jaminan kompetensi dapat dipakai oleh perusahaan dalam persyaratan recruitment, pola pengembangan career, dan bahan pertimbangan dalam penempatan tenaga kerja.


Kategori Program Sertifikasi

Solo Technopark membuka program sertifikasi dengan kategori, sebagai berikut:

  1. Program Sertifikasi Guru

    Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesional guru. Guru profesional merupakan syarat mutlak untuk menciptakan sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas.

  2. Uji Kompetensi untuk Siswa/Pelajar

    Uji kompetensi praktik produktif bagi siswa/ pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pelaksanaan penilaian berbasis kompetensi untuk mendapatkan pengakuan atas kemampuannya, dan merupakan kesempatan untuk menampilkan kemampuan yang dikuasainya dan promosi kerja di hadapan para penguji yang berasal dari dunia usaha/dunia industri, para pakar di bidangnya maupun asosiasi profesi.

  3. Program Sertifikasi Profesional (Industri/ Perusahaan)

    Sertifikasi profesional digunakan untuk menunjukkan kemampuan atau kualifikasi seseorang berdasarkan atribut atau kriteria yang telah ditentukan oleh sebuah organisasi/ badan atau lembaga pengembangan (biasanya sudah terakreditasi).

 

 

Anda disini: Home Program Kami Konsultasi Program Sertifikasi
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna